Headlines News :
Home » , » BMT Bagi Wong Cilik

BMT Bagi Wong Cilik

Written By Admin on Jumat, 17 Februari 2012 | 08.12


BMT (Baitul Maal Wa Tamwiil) merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang notabenenya lembaga keuangan aset umat. Dengan semangat pemberdayaan, maka permasalahan umat pun menjadi ringan. 
Salah satu BMT yang terletak di sudut pasar Ciputat adalah BMT Al-Fath IKMI. BMT yang berdiri pada 13 Oktober 1996 ini telah membuktikan perannya sebagai Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS), yaitu menyejahterakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Adapun UMKM yang menjadi sasarannya yaitu pasar Ciputat, Pemulang, dan sekitarnya.

Menurut Saimin, Manajer Baitut Tamwil, BMT diambil dari dua kata, Baitul Maal dan Baitut Tamwil. Baitul Maal berfungsi sebagai pengumpul dana dari berbagai dana zakat, infak dan sedekah (ZIS). Kemudian didistribusikan kepada orang-orang yang tidak mampu atau delapan asnaf penerima zakat.
Sedangkan Baitut Tamwil menawarkan jasa sebagai perantara menghimpun dan menyalurkan dana, melalui kegiatan simpan pinjam. Dengan demikian, keduanya memiliki fungsi dan kegiatan yang berbeda, tapi saling terkait.
Sebagai lembaga yang mengemban misi sosial, maka dibentuklah divisi Baitul Maal yang dikelola secara terpisah, agar dapat berjalan secara optimal melayani umat. Dan sebagai lembaga bisnis, maka dibentuklah Baitut Tamwil yang dikelola oleh tenaga muslim yang profesional di bidang keuangan. Dengan demikian, akan muncul lembaga keuangan syariah yang sehat, berkualitas, dan memenuhi harapan umat.
Secara umum, Baitul Maal ini mempunyai empat kegiatan utama. Yaitu, pemberian modal kerja bagi masyarakat yang tidak mampu dengan menggunakan akad Al-Qard, program pendidikan, kegiatan sosial, dan pembiayaan. Kini, Baitul Maal Al-Fath telah mampu menghimpun dana sebesar 4 juta rupiah per bulannya.
Sedangkan Program Baitut Tamwil adalah memberikan pembiayaan dan pembinaan kepada mitranya. Kini, Baitut Tamwil Al-Fath telah mampu menghimpun dana sebesar 10 Miliar tiap tahunnya. Dan 60 persennya disalurkan untuk pembiayaan.
Menurut Imam Turmudzi Ms., Manajer Baitul Maal, sejak tahun 2006, BMT Al-Fath menerapkan program pendidikan anak asuh, dengan memberi beasiswa sekolah kepada anak-anak sekolah setingkat SMP-SMA.
Tidak hanya itu, anak asuh juga mendapat bimbingan rohani. Mereka memperoleh pengajian setiap seminggu sekali. Dengan harapan, mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan mereka kepada Allah SWT. “Bahkan sebelum mengambil uang bulanan, anak-anak wajib menyetor juz amma dahulu,” papar Imam.
Setiap tahunnya, BMT Al-Fath mampu membiayai 39-41 anak asuh. Hingga saat ini, ada beberapa anak asuh yang telah bekerja di BMT Al-Fath. Ke depan, upaya pemberdayaan masyarakat ini masih terus digalakkan. “Harapan kami program ini dapat berkembang terus dan BMT Al-Fath dapat mengepakkan sayapnya lebih luas lagi,” ungkap Imam.
Muhammad Saman ( 21 ), salah seorang anak asuh BMT, kini telah bekerja di BMT Al-Fath. Ia merasa sangat puas dan bersyukur bisa menyelesaikan sekolahnya sampai lulus SMA, meskipun kedua orang tua sudah tiada. “Dengan mendapatkan beasiswa, belajar lebih termotivasi untuk mendapatkan hasil kelulusan lebih baik lagi,” ungkapnya.
Demikian juga Nur Milatin. Setelah menerima beasiswa, ia mengaku bisa meringankan beban kedua orangtuanya. Bahkan, dari penghasilan selama bekerja di BMT Al-Fath, sekarang ia dapat melanjutkan studinya ke perguruan tinggi swasta di Pamulang.
Kelak, ketika cita-cita mereka menjadi orang sukses terwujud, maka mereka pun bisa membantu orang lain yang membutuhkan, sebagaimana mereka pernah mendapatkan bantuan dari BMT Al-Fath. Sebuah cita-cita yang mulia./febrianti
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

'Quote'

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah"
- Pramoedya Ananta Toer-

" Pensil yang tumpul lebih baik dari ingatan yang tajam"
- Kaelany HD -

" Wa Laa Tamutunna Illa wa antum Kaatibuun "
- Prof.Ali Yaqub -




 
Support : Ekonomi Islam | Yans Doank | Murabahah Center
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ryan's Blog - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Yans Doank